Penerapan ActionScript Dalam Flash

    Author: POPAPOLA Multimedia Genre: »
    Rating

    ActionScript merupakan bahasa program yang digunakan oleh para programer untuk menciptakan sebuah aplikasi dalam Flash. Penguasaan bahasa program ini tentu saja sangat berguna.

    Sebelum berkenalan lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman dengan ActionScript. Bahasa pemrograman digunakan untuk mengirim serta menerima informasi dari komputer. Bahasa pemrograman itu sendiri adalah kumpulan dari kode-kode yang digunakan untuk berkomunikasi. Program Macromedia Flash memiliki bahasa pemrogram yang dikenal dengan nama ActionScript yang dibuat berdasarkan model standar ECMAScript (ECMA-262). Bahasa pemrograman lain yang menggunakan model yang sama adalah JavaScript. Jadi, dengan kata lain struktur pemrograman Action-Script memiliki kesamaan dengan JavaScript yaitu (.) dot syntaxt. ActionScript pada Flash MX telah mengalami banyak perubahan dari beberapa versi sebelumnya yaitu Flash 4 dan 5, sehingga jika Anda telusuri lebih jauh, cukup banyak syntaxt yang sudah tidak dapat digunakan lagi (baca: tidak kompatibel) pada versi Flash MX maupun Flash cs3 (versi terbaru). Pengenalan Action Panel & Library Panel Action Panel Dalam pemrograman di Flash semua kode syntaxt ditulis di dalam ActionPanel. Action Panel sendiri terdiri dari dua jenis yaitu Normal Mode dan Expert Mode. Penempatan ActionScript terdiri dari dua cara, yaitu:

    • Menempelkan script pada object (movieclipdan button).
    • Menempatkan script pada Timeline frame.

    ApabilaAndaakanmemasukkanActionScriptdalam mode normal, Andaharusmemilihjenissyntaxt, kemudianmenekannamasyntaxtdi Action toolbox. Secaraatomatiskodesyntaxt yang Andapilihakantampildi Script pane yang tidakbisadiedit. Sedangkandalam mode ahli (expert) Andadapatmemasukkankodedalam script dengancarayangsamadengan mode normal. Atau, Andadapatmengetikkannyalangsungdi Script pane, karenapada mode ini Script pane menjadi area yang dapatdieditsecara manual. Library Panel Library Panel adalahtempatsemuaobyek yang kitagunakandalamsuatu file flash yang sedangkitakerjakan. Seperti yang dapatAndalihatdiatas, setiapobyekdidalam library panel dilambangkanolehsebuah icon yang beradadisampingsetiapnamaobyektersebut. BisaAndaperhatikanbahwaartisetiap symbol inidijelaskandalamkolom “Kind”. Symbol terdiridari instance, sepertigrafikdan sound.

    1. Mengimpor Grafik dan SuaraUntuk mengimport grafik yang akanAndagunakandidalam library Flash movie Anda, masuksajakedalam menu “File | Import to Library | Import as a single flattened bitmap”. Sedangkanuntukmengimport Sound, klik “File | Import to Library”. Dengandemikian sound tersebutakantampildidalam library panel Anda. Sebaiknyagrafikataufoto yang Andagunakanberformat .PNG. Untukmengconvertgrafikataufotokedalam format tersebut, AndadapatmenggunakanMacromedia Fireworks. Software inimengoptimisasikangrafikAndauntukdigunakankedalam Flash. Selainitu, hasilakhirgrafikAndadalam Flash movie akanterlihatlebihbaik.

    2. Mengimpor Grafik dan Suara Semuagrafik atau sound (instance) yang akandigunakan dalam Flash sebaiknya di-convert menjadi symbol. Ketik F8 untukmengubah instance menjadi symbol. Andadapatmelakukanpengubahan (editing) pada property darisetiap symbol, sepertiwarnadanukuran.

    3. Button Button adalah movie clip interaktif yang terdiridariempatbuah frame : Up , Over, Down & Hit. Pada button tersebut, Andadapatmenambahkan sound effect padasaat mouse over, link ke website, e-mail ataumenentukan action dan behavior sebuah target movieclip. Tips : Actionscriptdigunakanpada symbol Button, bukanpada Timeline.

    4. Movie Clip Dalamaplikasi Flash kita mengenal istilah movie clip.Movie clip adalah salah satu symbol yang sangat berguna dalam flash movie. Movie clip bisa terdiri dari object symbol, seperti Graphic symbol yang telah di-tweening atau dianimasikan. Advanced Actionscript bisa ditambahkan pada movie clip untuk kegunaan yang lebih besar. Apa sebenarnya kegunaan movie clip?

    • Sebagai target untukmemasukkan movie clip lain dari server atau symbol dari library.
    • Movie clip yang beradadi library panel bisadipanggilkedalam movie clip kosongdenganmenggunakanactionscript.
    • Untukmembuatanimasi, sepertianimasiuntuk Button mouse over atauanimasigrafik yang kompleks.
    • Tempatuntukmeletakanactionscript.
    • Satu movie clip bisaterdiridaribeberapa movie clip lain.

    5. Sound Dengan Flash, kitabisamengimporlangsungmusikdengan format .WAVatau .MP3. Sound bisadigunakandengan button melalui “timeline property” button symbol tersebutataudi-link dari library denganactionscriptuntukdigunakansebagai background s

    Leave a Reply